Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2016

KiprahGuru. Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam akan kembali menyelenggarakan Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah. Sukses dengan gelaran perdana pada 2015 lalu, Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah kedua ini rencananya akan dihelat pada 30 - 31 Oktober 2016 di Mall of Indonesia Jakarta Utara.

Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2016


Direktur Pendidikan Madrasah, M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa festival ini diselenggarakan untuk memberikan wadah bagi para siswa madrasah yang memiliki bakat di bidang robotika. Kompetisi ini juga bermanfaat dalam melatih motorik siswa, kreativitas, merangsang logika berpikir, meningkatkan kemampuan anak dalam menguasai teknologi dan bekerja secara tim.

Dari situ, diharapkan akan terlahir siswa madrasah yang dapat menjadi inovator robotika yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. "Kita tahu bahwa lembaga-lembaga lain saja bisa menyelenggarakan kompetisi robotik dan pemanangnya adalah siswa-siswi kita, masak kita tidak bisa menyelenggarakan sendiri. Kompetisi ini adalah wujud kepedulian kita pada potensi-potensi robotika yang dimiliki siswa-siswi madrasah," tutur M. Nur Kholis Setiawan, Senin (17/10).

"Kompetisi ini sengaja diselenggarakan di Mall untuk membangun imaje bahwa madrasah sudah mulai naik kelas, tidak ndeso lagi, sudah gaul, sudah merambah ke kelas menengah ke atas," tegas M. Nur Kholis, yang pernah belajar di Belanda dan Jerman ini.

Dalam tiga tahun terakhir, cukup banyak prestasi yang diukir siswa madrasah di bidang robotika, baik tingkat nasional maupun internasional. Beberapa madrasah yang bisa disebut terkait prestasi siswanya dalam bidang ini antara lain: MTsN Pamulang, Madrasah Pembangunan, MAN 4 Jakarta, MAN 3 Tangerang, MAN 3 Palembang, dan lainnya.

Untuk mengikuti festival ini, siswa madrasah ikuti : 

2. Download panduan Kompetisi dan Registrasi Peserta

Semoga bermanfaat dan sukses untuk Madrasah Indonesia. 

Subscribe to receive free email updates: